Tolak Kewajiban CSR, Kadin Gugat Pemerintah ke MK

Jakarta – Kalangan pengusaha yang tergabung dalam Kadin akan mengugat pemerintah dan DPR ke Mahkamah Konstitusi (MK) jika pasal 74 yang mengatur kewajiban Corporate Social Responsibility (CSR) tidak dihapus dalam RUU mengenai Perseroan Terbatas.

Hal tersebut disampaikan Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia Sofjan Wanandi dalam diskusi CSR di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (16/7/2007).

“Soalnya saat pemerintah mengajukan RUU perseroan terbatas kami tidak diajak bicara soal adanya pasal 74 ini. Tiba-tiba muncul, atas dasar itu Kadin yang menjadi stakeholder utama dalam pasal tersebut akan mengajukan gugatan ke Mahkamah¬†Konstitusi,” ujarnya.

Jika kewajiban CSR ini diterapkan akan menimbulkan ketidakpastian berusaha karena tidak jelas berapa prosentasi CSR dan siapa pihak yang berwenang memungut dana dan siapa pengawasnya. “Jika CSR diwajibkan itu merupakan beban tambahan pajak,” ujarnya.

Dalam diskusi itu juga dihadiri oleh Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Sandiaga Uno, Ketua Indonesia Business Link Noke Kiroyan, Ketua Ikatan Akuntan Indonesia Ali Darwin, Sekretaris Eksekutif Asosiasi Pertekstilan Indonesia (API) Ernovian G Ismy, Ketua Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Franky Sibarani dan puluhan pengusaha lainnya. Ada sekitar 25 asosiasi industri yang siap menolak kewajiban CSR. (ddn/ddn)

Senin, 16/07/2007 19:07 WIB

http://www.detikfinance.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/07/tgl/16/time/190759/idnews/805626/idkanal/4

0 Responses to “Tolak Kewajiban CSR, Kadin Gugat Pemerintah ke MK”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s





%d blogger menyukai ini: